Web Conference Vs Video Conference

19.47 / Diposting oleh Adityawarman /

Terdapat cukup banyak variasi teknologi yang dapat membantu user ketika ingin melakukan meeting baik dari kantor ataupun dari tempat di seluruh dunia. Ada dua teknologi yang cukup populer, yakni Web Conference dan Video Conference. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam penggunaannya.

Web Conference mengijinkan user untuk menghadiri meeting ‘virtual’ dari seluruh dunia. Untuk itu, diperlukan koneksi Internet dan software sebagai instalasi jika ada client yang ingin menggunakannya. Sementara Video Conference akan memberikan kemudahan bagi user untuk mendapatkan 2 tipe, yakni audio dan video sehingga user pengguna Video Conference dapat melihat dan berbicara dengan orang lain secara real time. Bahkan untuk sekarang ini, Video Conference dianggap sebagai teknologi masa depan dari videophone, namun dalam skala yang lebih besar.

Video Conference lebih efektif daripada Web Conference karena memiliki kemampuan untuk menampilkan wajah dan body user yang berbicara, dapat melakukan pengamatan mengenai reaksi bahasa tubuh, ekpresi muka dan intonasi suara. Sementara Web Conference masih terbatas pada hal-hal di atas pada fiturnya.

Keduanya memiliki persamaan untuk dapat melakukan percakapan dari mana saja, namun untuk Web Conference lebih menonjolkan personal user dengan desain web sesuai selera user yang bersangkutan. Walaupun hal tersebut benar, tetapi Web Conference juga dapat menyebarkan informasi dan bukan tempat yang tepat untuk sosialisasi user dengan tujuan bisnis.

Untuk Video Conference memiliki standard internasional yang dapat memprmudah komunikasi. Biasanya terdapat satu lokasi standard untuk server Video Conference yang dapat mengambil semua informasi dan kemudian mendistribusikannya ke lokasi conference lainnya. Hal ini akan membuat biaya lebih besar, tergantung dari jumlah koneksinya. Selain itu, masih ditambah dengan adanya camera video atau yang biasa disebut web cam, mikrofon, dan speaker, dan hub server yang terkoneksi dengan PC. Sementara Web Conference hanya meminta koneksi Internet.

Web Conference dapat dijalankan oleh ribuan user, namun jumlah user dalam satu channel terbatas. Sedangkan Video Conference lebih terbatas pada kapasitas servernya. Web Conference lebih fleksibel karena dapat dijalankan di banyak tipe koneksi Internet tetapi Video Conference hanya bisa dijalankan di koneksi Internet broadband (jarak jauh).

Kedua tipe komunikasi diperlukan dalam komunitas bisnis. Perusahaan dapat memilih mana yang lebih tepat digunakan dan yang lebih efisien dalam proses komunikasi. Sebagai contoh, biaya Video Conference yang lebih besar daripada Web Conference menjadi suatu penghalang bila dibandingkan dengan hasilnya yang jauh lebih efisien. Namun, masih banyak perusahaan yang lebih memilih Video Conference daripada Web Conference, mengingat bahwa dengan Web Conference, walaupun ringan di ongkos, tetapi penggunaanya masih kurang efektif.

1 komentar:

Comment by Unknown on 9 September 2008 pukul 17.54

Salam kenal,....
Bagus sekali penjelasan anda tentang perbedaan antara Web Conference dan Video Conference. Sebetulnya banyak perbedaan mendasar dari Web dan Video Conference. Saya juga minta ijin untuk ikut memposting artikel anda di Web saya, dimana saya juga akan memeberikan beberapa pendapat saya tentang Web/Video Conference.
Terima kasih,....

Victor GM
www.victorgm.co.cc

Posting Komentar